Ragam Kemasan

Apapun Ada Di Dalamnya

Mengemas produk minuman

Ini bahasan lebih lanjut dari soal kemasan. Kalau tulisan-tulisan saya tentang cara membuat kaleng yang masih progress (dikit-dikit uploadnya biar keserap dulu ilmunya, hehehe) mengupas bagaimana kemasan dibuat, yang sedang saya tulis saat ini adalah bagaimana setelah kemasan jadi dibuat, bagaimana mengisinya biar bermanfaat. Nah, kali ini saya bukan mau nulis cara mengisi kemasan kaleng, tapi kemasan plastik dalam bentuk botol dan cup/gelas.

Kita tahu kemasan botol dan cup plastik saat ini sangat banyak digunakan untuk minuman. Banyak sekali ragamnya, ada minuman sari buah, jelly drink, nata de coco, soft drink, juice, susu kedelai de el el, banyak pokok ragamnya. Karena saya sedang mempraktekan mengemas minuman juice dan sari buah dalam kemasan botol dan cup plastik, maka ya itu yang akan saya kupas.

(Numpang iklan lewat dulu yaa,…makasih…….)

Sambil baca-baca tulisan ini, Anda juga bisa singgah di gazebo saya, itung-itung kalau berjunjung ke rumah utama, sekalian mampir ke gazebo di samping rumah, heheh. Monggo kunjungi http://www.saribuahalmas.multiply.com, atau

http://www.juicetrue.blogspot.com

OK, iklan dah lewat, moga-moga jadi tertarik mengonsumsi juice segar rutin buat menjaga kesegaran tubuh. Juga dibarengi sari buah segar nikmatnya untuk menemani aktivitas Anda.

Sederhananya, untuk mengemas sari buah dalam kemasan gelas atau cup, harus menggunakan jenis gelas/cup yang tahan panas, ini karena produk-produk tersebut harus dimasukan kemasan dalam kondisi panas (hot filling), belum lagi di bagian proses akhir juga ada sterilisasi panas yang membutuhkan ketahanan bahan kemasan terhadap suhu tinggi. Jenis bahan plastik yang tahan panas dan aman untuk mengemas minuman seperti ini disebut jenis plastik PP (Poly Propelen).

Pembahasan lebih lanjut soal jenis-jenis plastik untuk kemasan ini, saya bahas ditulisan berikutnya ya…..Trus cara pengisian dan kontrolnya juga pasti penting banget untuk diketahui. Nah, postingan saya berikutnya saya akan bahas soal ini berikut foto-foto asli dari ruang produksi di gazebo saya.

Jadi, selamat berkemas-kemas dulu buat berangkat kerja atau aktivitas lain. Ngingetin aja kalau di Malang sekarang ini curah hujan sangat tinggi, so jangan lupa SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN……

Februari 19, 2010 - Posted by | Ragam "KEMASAN"

6 Komentar »

  1. Salam kenal p must,
    Saya Trisila , tinggal di wonosobo jawatengah.
    bisnis saya di bidang pengolahan buah (koktil)
    saya pingin banyak belajar dan sharing tentang kemasan dr penjenengan.
    Salam
    Trisila

    Komentar oleh trisila | April 17, 2011 | Balas

  2. Sy adalah seorang freeland minuman,gimana sy bs dptkan product tsb dan brp harganya.

    Komentar oleh Sumarianto | Mei 15, 2012 | Balas

  3. Brp harganya dan dimana agennya ?

    Komentar oleh Sumarianto | Mei 20, 2012 | Balas

  4. Salam kenal, info yang sangat menarik pak, ditunggu info2 selanjutnya

    Komentar oleh anapratz | September 9, 2012 | Balas

  5. Assalamualailum, sugeng ndalu pak mus.
    Saya candra dari surabaya, setelah lama mencari info seputar minuman dlm kemasan saya rasa pak mus orang yang tepat untuk uneg2 saya.
    Pak saya ini freelance MiGor, saat ini ingin mencoba usaha minuman kemasan. yg menjadi kendala saya tdk memiliki pengetahuan proses serta bahan2nya. Mungkin pak mus berkenan menularkan ilmunya,saya sangat berterima kasih.
    Tdk sekedar ilmunya saja, untuk awalnya saya juga ingin menjadi resseler pak mus. Jika tak keberatan bolehkah saya minta alamat/nomor yg bisa dihub. Wassalamualaikum.

    Candra-087851913001

    Komentar oleh candra | November 3, 2013 | Balas

  6. Ass. Mau nanya pak. Untuk kemasan minuman halmas kemasannya pakai cup apa dan penutupnya pakai mesin apa. Bisa langsung mesan sama bapak ga. Terimakasih atas jawabannya

    Komentar oleh nurul | September 9, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

